Interaksi Manusia dan
komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem
komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Tujuan IMK
•
Menghasilkan
sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh
user.
•
Fungsionalitas,
fungsi-fungsi yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
•
Keamanan
(safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau
tidak.
•
Efeektifitas
dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem
yang dibuat harus berfungsi dengan baik.
Ruang Lingkup IMK
Ruang
Lingkup IMK meliputi :
•
Manusia
merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan
memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya
dalam menggunakan komputer.
•
Komputer
merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan
software (perangkat lunak)
•
Prinsip kerja : User memberi perintah pada komputer &
komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Komputer
bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
•
Manusia
dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
•
Fokus:
perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
•
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi
dengan komputer.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :- Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
- Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
- Metode implementasi antarmuka.
- Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
- Pengembangan antarmuka baru.
- Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar