Selasa, 27 Maret 2012

Prinsip Ketersediaan

Interaksi Manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Tujuan IMK
          Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
          Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
          Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
          Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.

Ruang Lingkup IMK
Ruang Lingkup IMK meliputi :
          Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
          Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
          Prinsip kerja : User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
          Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
          Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
          Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.

Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer

Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
  1. Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
  2. Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
  3. Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
  1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
  2. Metode implementasi antarmuka.
  3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
  4. Pengembangan antarmuka baru.
  5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.

 sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer ; http://zheira83.files.wordpress.com/2009/04/pendahuluan.ppt

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar