Dwi Hartini (22110187)
2KB01
Gambaran Sistem dari Manajemen Proyek
2KB01
Gambaran Sistem dari Manajemen Proyek
Ketika
jumlah dan tingkat kerumitan proyek terus berkembang, maka manajemen
proyek itu harus semakin perlu dipraktekan untuk membiasakan diri
menghadapi masalah – masalah maupun kerumitan yang ditemui. Sehingga
tingkat kerumitan yang menjadi beban, lama – lama akan berkurang.
stakeholder dan top manajemen dalam proyek TI
Stakeholder
adalah orang-orang yang terkait dalam aktivitas proyek dan
setiap stakeholder mempunyai komitmen untuk bekerja secara professional
dan bertanggung jawab dalam setiap manajemen proyek kerja. Stakeholder
termasuk tim proyek, manajer proyek, sponsor proyek, maupun user
(pengguna).
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi
yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya
oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti;
pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai
anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran
Orang-orang
yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang
terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur
hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang
konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi
anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif
teratur
Struktur organisasi mendefinisikan cara tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal
1.
UKURAN (SIZE) :- makin besar akan semakin komplek impersonal,
semakinlugas , semakin sulit diarahkan, semakin sulit dipadukan.- ukuran
menciptakan dilemma.- tak ada yang tahu ukuran yang optimum.
2.
JUMLAH TINGKATAN HIRARKHI :- Kalau terlalu banyak bisa timbul kesulitan
komunikasi vertikal.- Sebaiknya tak terlalu banyak.- Perhatikan
efektivitas komunikasi.
3.
STRUKTUR KEWENANGAN :- Orang-orang yang punya kewenangan membuat
keputusan bagiorganisasi.- Siapa saja yang termasuk dalam struktur ?-
Bila hanya satu orang bisa timbil kesulitan.- Pendelegasian wewenang.
4.
STRUKTUR KOMUNIKASI :- Variabel yang terpenting.- Dari puncak hirarkhi
sampai ke paling bawah.- Juga perlu diperhatikan komunikasi horisontal.
5.
STRUKTUR TUGAS :- Sama dengan struktur peranan.- Cara organisasi
membagi-bagi tugas/pekerjaan kepada anggota-anggotanya.- Apakah semua
pekerjaan terbagi habis ?- Apakah semua anggota mendapat peranan ?-
Apakah hanya orang tertentu saja yang berperan ?
6.
STRUKTUR STATUS DAN PRESTIS :- Apa yang diperoleh dari organisasi
dengan pengorbanan yangdiberikan ?- Apakah prestis (gengsi) seseorang
akan naik dengan menjadianggota organisasi ?- Apakah prestis terbagi
secara merata ?- Apakah organisasi memiliki jenjang status yang terbuka
bagi semuaanggota ?
7.
JARAK PSIKOLOGIS :- Antara orang yang di puncak (pengambil keputusan)
dan orang- orang di bawah (yang melakukan pekerjaan).- Komunikasi emosi
antara orang-orang dalam hirarkhi.- Menunjukkan kemudahan komunikasi
ver-tikal effektif/tidakPhase dan siklus hidup proyek .
Siklus hidup produk.
Siklus
hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman
tentang dinamika kompetitif suatu produk. Seperti halnya dengan manusia,
suatu produk juga memiliki siklus atau daur hidup. Siklus Hidup Produk
(Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat
produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar .
Siklus
Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting
dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai
dinamika bersaing suatu produk.
Konsep ini dipopulerkan oleh levitt (1978) yang kemudian penggunaannya
dikembangkan dan diperluas oleh para ahli lainnya.Ada berbagai
pendapatan mengenai tahap – tahap yang ada dalam Siklus Hidup Produk
(Product Life Cycle) suatu produk.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar