Selasa, 08 Maret 2011

contoh kasus yang berhubungan dengan Ilmu Budaya dan Sistem Komputer

Setelah sebelumnya saya membuat tulisan tentang arti sistem , komputer , ilmu , budaya , sistem komputer , ilmu budaya , ilmu budaya dasar serta hubungan di antranya , pada tulisan saya kali ini , saya akan mebahas tentang contoh kasus karena keterkaitan antara sistem komputer dengan ilmu budaya .

Sebelum saya membahas kasus yang berkaitan dengan ilmu budaya ( IB ) dan sistem komputer ( SK ) , kita akan mengulang kembali pembahasan kita yang lalu guna mengetahui dan mengingat apa saja yang akan kita gunakan sebagai kata kuncinya .
• ilmu ( atau ilmu pengetahuan ) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki , menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi - segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan - rumusan yang pasti . Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya , dan kepastian ilmu - ilmu diperoleh dari keterbatasannya .
Kalau di tinjau dari KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) , pengertian ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang di susun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu .

• Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi ( budi atau akal ) di artikan sebagai hal - hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia . Dalam bahasa Inggris , kebudayaan di sebut culture , yang berasal dari kata Latin Colere , yaitu mengolah atau mengerjakan . Bisa di artikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani . Kata culture juga kadang di terjemahkan sebagai “ kultur ” dalam bahasa Indonesia .
Beberapa pengetahuan dasar mengenai budaya : budaya sebagai acuan dan pedoman sikap serta perilaku manusia dalam kehidupan masyarakat ; proses pewarisan sistem nilai budaya dan perubahan budaya ; peranan kemajuan kebudayaan dalam proses pembangunan masyarakat .
• Sistem : ada yang menyebutkan sebagai perangkat , jaringan , prosedur , struktur atau entah apa menurut mereka , namun dari perbedaan tersebut terdapat beberapa pendapat yang menunjukkan suatu kesamaan pendapat tentang arti kata sistem , yaitu yang membentuk sistem bekerja saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu hasil atau tujuan tertentu .
syarat-syarat sistem, yaitu :
1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan masalah .
2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan .
3. Adanya hubungan diantara elemen sistem .
4. Unsur dasar dari proses (arus informasi , energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem .
5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen .

Suatu sistem terdiri dari 3 komponen, yaitu :
1. Input : berperan sebagai suatu masukan pada keadaan tertentu , yang kemudian akan di proses menjadi suatu keluaran atau hasil untuk mencapai suatu tujuan tertentu .
2. Proses : syarat kondisi untuk mencapai suatu tujuan tertentu .
3. Output : hasil yang akn di dapatkan dari input yang telah kita masukkan dan telah di proses .
• Komputer , Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung ( to compute atau to reckon ) . Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer , para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer . Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama , dapat menerima data ( input ) , mengolah data ( proses ) dan memberikan informasi ( output ) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya .
Dapat disimpulkan bahwa computer adalah
1 . Alat elektronik .
2 . Dapat menerima input data .
3 . Dapat mengolah data .
4 . Dapat memberikan informasi .
5 . Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer .
6 . Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan .
7 . Bekerja scara otomatis .
Komponen komputer :
1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
• Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
• Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
• Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.
• Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

Penggolongan Komputer
Berdasarkan Data Yang Diolah
1. Komputer Analog : datanya berupa huruf.
2. Komputer Digital : datanya berupa angka.
3. Komputer Hybrid : datanya berupa huruf dan juga angka.
Berdasarkan Penggunannya
1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Misalnya : pada penggunaan suatu perusahaan untuk menyimpan file – file penting dan bersifat privacy.
2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Misalnya : untuk pendidikan sebagai sarana pendukung dalam pelajaran.
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
1. Komputer Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)

• Istilah Ilmu Budaya Dasar di kembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris the Humanities , yang berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia , berbudaya dan halus .
Dengan mempelajari the humanities di harapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus . mungkin yang di maksud adalah kita sebagai manusia lebih mempunyai moral , saling menghargai , dan lebih sopan santun .
Dengan demikian bisa di katakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai - nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya . Agar manusia menjadi humanus , mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendir i . manusia harus terus mempelajari ilmu sesuia dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang tetapi tidak melupakan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai manusia .
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya . Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai - nilai manusia sebagai mahluk berbudaya ( homo humanus ) . Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya , melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah - masalah manusia dan budaya .

Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya , negara , dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
a) Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa , dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya , yang biasanya tidak lepas dari ikatan - ikatan ( primodial ) kesukuan dan kedaerahan .
b) Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya .
c) Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia , menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya , sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah di ciptakannya .

Tujuan Ilmu Budaya Dasar antara lain :
• Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja .
• Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain .
• Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup . ilmu budaya mengajarkan kita untuk menjaga diri, maksudnya agar kita tidak terbawa arus budaya negatif yang datang.
• Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia .
• Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah - masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang di ciptakannya .
• Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya .
• Tidak jatuh kedalam sifat - sifat kedaerahan dan kekotaan . artinya kita mempelajari ilmu budaya dengan tujuan kita bisa bersikap transparan, yang artinya kita bisa berjalan dan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi tanpa terbawa dengan budaya yang datang atau kita bisa menyaring mana budaya yang sesui dengan budaya asal kita dan tidak terpengaruh dengan budaya yang negatif .


Ilmu Budaya Dasar memiliki ruang lingkup antara lain :
• Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanities ), baik dari segi masing - masing keahlian ( di siplin ) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan ( antar bidang ) berbagai di siplin dalam pengetahuan budaya
• Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing - masing jaman dan tempa t .

Jadi ilmu budaya dasar itu ilmu yang cukup penting harus kita pelajari, karena di dalam ilmu budaya dasar kita akan di beritahu dan di ajarkan tentang perilaku – perilaku kita dalam kehidupan sehari – hari . misalnya dalam pergaulan, pekerjaan, politik, dan aspek kehidupan lain nya .
• Sistem komputer merupakan suatu perangkt ytng terdiri dari hardwere , software , dan brainwre .
1 Hardware atau sering disebut perangkat keras , merupakan peralatan komputer yang dapat kita lihat dan kita sentuh / dirasakan .
Hardware terdiri dari :
- input / output (I/O) : perangkat masukan dan keluaran. Mis : keyboard, mouse, printer,
scanner, dll.
- storage : media yang digunakan untuk menyimpan data. Mis : disket, harddisk internal
maupun eksternal, CD – Rom, CD – RW, flash di, dll.
- monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU) : alat untuk menampilkan apa yang
kita buat / lakukan setelah di olah oleh prosesor.
- Casing Unit : tempat dari semua peralatan komputer.
- Central Procesing Unit (CPU) : salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis
prosesor menentukan pula jenis komputer. Semakin canggih prosesor komputer, maka
kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
2 Software ( perangkat lunak ) , merupakan program – program pada komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang kita tentukan . Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
o Sistem Operasi : software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.
Mis : DOS, Unix, Linux, Novell, Windows, dll.
o Program Utility : untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi.
Mis : Norton Utility, Scandisk, PC Tools, Tune up 1 click, dll.
o Program Aplikasi : program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu.
Mis : GL, MYOB, Payroll dll.
o Program Paket : program yang disusun untuk dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan.
Mis : Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll .
o Bahasa Pemrograman : untuk membuat program komputer.
Mis : PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.
3 Brainware ( user ) : orang / pihak yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer .
Terdiri dari :
Sistem analis : yang menganalisis jalannya program ,
Programmer : yang membuat atau merancang program ,
Operator : sebagai perantara program ,
User : pengguna / orang yang menggunakan program yang telah di buat .

Dari ketiga komponen tersebut dapat di simpulkan bahwa sistem komputer merupakan kumpulan dari hardware , software , dan brainware yang saling berhubungan satu sama lain dalam menjalankan program di komputer . Dengan kata lain hardware sebagai alatnya yang dapat membantu brainware ( user / pengguna ) untuk dapat menjalankan program yang dibuat dengan bantuan software yang terdapat pada komputer .

nah , dari penjelasan – penjelasan di atas sekarang kita sudah di ingatkan lagi tentang pengertian yang berhubungan tentang ilmu , budaya , sistem , komputer , ilmu budaya , dan sistem komputer .
ilmu budaya dengan istem komputer memang mempunyai hubungan yang sangat erat , karena di antara ilmu budaya dan komputer dapat saling membantu , terutama dalam hal aturan – aturan yang mengatur keduanya .
sistem yang di buat untuk komputer tidak lepas dari hukum budaya yang ada di negara kita ini . sedangkan budaya dan ilmu di negara kita tercinta ini tidak akan hidup dan berkembang tanpa bantuan dari sistem dan komputer .
contohnya adalah para programmer yang belajar menimba ilmu agar mereka mengetahui apa itu komputer kemudian mereka membuat sebuah sistem komputer yang sangat membantu pekerjaan manusia , misalnya dengan membuat software – software aplikasi yang sekarang berguna untuk meringankan pekerjaan manusia terutama dalam hal pekerjaan dan pendidikan . misalnya adanya microsoft office , open office , delphi , c + + , adobe , corel , 3d max , dan lain – lain . tentu saja para programmer tersebut tidak dengan mudah membuat program tersebut , nah di sinilah fungsi ilmu yang kita pelajari . sedangakan ilmu yang kita dapat selama ini tidak lepas dari budaya kita sendiri , misalnya kita dapat belajar dari budaya – budaya yang ada di negeri kita ini . karena kebudayaan yang kita punya banyak maka kita juga akan mendapat ilmu yang banyak , bahkan tidak hanya ilmu yang kita dapat dari budaya , tetapi kebiasaan hidup atau yang sering kita sebut sebagai adat istiadat juga kita dapat . jadi tidak bisa kita pungkiri bahwa ilmu budaya sangat terkait dengan sistem komputer .

kasus – kasus yang terkait :
1 . internet
Internet merupakan hal yang tidk asing lagi bagi kita semua , karena internet sekarang telah menjadi alat komunikasi , pendidikan , bahkan semua dapat kita dapatkan di internet .
Semakin berkembangnya teknologi , semkin banyak tantangan yang juga kita harus hadai untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan di negara kita ini . kita boleh saja mengikuti perkembangan ilmu pengetahuian dan teknologi informasi , namun kita juga tidak boleh lupa dengan budaya yang kita punya , karena menurut pendapat banyak orang apa yang masuk di internet ikut mempengaruhi perubahan gaya hidup mayarakat indonesia . misalnya saja , kita sebagai orang timur telah mengikuti budaya barat , walaupun kita telah mempunyai budaya sendiri . banyak remaj – remaja sekarang yang mengikuti budaya timur , contohnya dalam hal berpakaian . padahal kita sama – sama tahu bahwa budaya timur khususnya indonesia banyak yang menganut agama islam , sebagai orang islam harusnya kita dapat mengetahui batasan – batasan yang ada , yaitu menutup aurat dan menjaga hubungan secara islam dengan lawan jenisnya . tetapi karena mereka yang mengikuti budaya barat mereka tidak lagi memperhatikan kesopanan mereka dalam hal berpakaian , bersikap , dan berhubungan dengan lawan jenis .

Itu contoh kasus yang menyimpang tentang penggunaan internet . tapi ga internet ga selalu bawa dampak negatif koooo . . . .
Ada juga loh damp[ak positifnya misalnya dengan internet kita dapat mengenalkan indonesia dan ke anekaragaman budayanya serta kekayaan – kekayaan yang ada di indonesia kepada negara – negara luar . kita sama – sama tahu bahwa itu dapat menarik wisatawan – wisatawan / turis asing ber kunjung ke indonesia , hhhmmm ujung – ujungnya duit , hhe ( iayalah , karena kunjungan mereka juga bisa jadi pemasukkan tambahan negara kita dari biaya bolak balik mereka ) .

Terus positif lainnya yaitu adanya electronic mail atau yang sering di sebut e – mail . dari internet juga loh itu bisa buat alat komunikasi sesama bahkan walaupun kita beda negara , dan benua ( lebay ) . istimewanya e – mail ga kaya telpon yang Cuma bisa denger suara , tapi e – mail juga bisa jadi alat tatap muka loh , walaupun dari balik layar . wah hebat ya yang ngolah sistem komputernya . karena itu semua juga perlu jaringan , sinyal yang di urus oleh para programmer – programmer komputer yang membuat sistem menjadi sedemikian rupa .

Ada lagi nih , yang lagi musim – musimnya , apalagi buat anak muda . weh weh weh . . . pasti semua tau kan macem – macem jejaring sosial yang ada .
Misalnya facebook , twitter , my space , plurk , yahoo mail , gmail , friendster , yahoo messenger , daaaaannnn masih bnyak lagi .
Katanya nih , anak muda jaman sekarang yang ga kenal gituan tuh disebut nya cupu ( ga gahol getoo ) . dari friendster , face book , twitter . jamannya ga smsan lagi tapi ngetwit , retwit-an .
Ga mungkin dong itu semua ga ngaruh sama kebiasaan hidup orang – orang di indonesia . karena hal itu membuat pergaulan kita – kita ini cukup bebas yaa   

Sebenarnya bisa aja kita ga ikut – ikutan budaya barat , asal kita juga bisa bersikap transparan dan tegas terhadap budaya – budaya yang masuk ke indonesia . maksudnya kita boleh aja bergaul sama siapa aja dan kita tau gimana budaya – budaya mereka , tapi semua itu hanya kita buat pengetahuan yang ga akan kita contoh . boleh lah contoh yang b aiknya , tapi jangan sampai kita ikutan contoh yang jelek . karena itu semua bisa mempengaruhi hidup kita .

Jadi dengan kita mengetahui tentang ilmu dan budaya yang sangat berkaitan erat dengan sistem komputer di harapkan agar kita lebih mengerti semua hal yang berkaitan dengan S K dan I B yang ada di kehidupan kita sehari – hari . kita patut waspada terhadap setiap budaya yang masuk ke negara kita . dan kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan negara kita yang salah satunya kita lakukan dengan tetap menjga budaya yang kita punya agr tetap ada dan tidak hilan g .

Semoga tulisan ini berguna dan saya mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang secara tidak sengaja menyinggung perasaan orang lain .
Terima kasih . . .

Tautan :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
http://massofa.wordpress.com .
http://wikipedia.com .
http://indobudaya.blogspot.com
www.google.com,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar