Rabu, 02 Maret 2011

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Sistem Komputer

Tulisan ini merupakan tugas salah satu mata kuliah di kampus saya, yaitu Ilmu Budaya Dasar . Tulisan ini menjelaskan tentang hubungan ilmu budaya dasar dengan Sistem Komputer yang berkembang pesat . Kedua ilmu ini di dalam kehidupan sehari - hari kita sangatlah penting dan berpengaruh atau berkaitan . Karena setiap manusia pasti melakukan komunikasi, dari informasi yang orang dapat akan berpengaruh dalam kehidupan masing-masing orang . saat orang saling berkomunikasi, pasti ada informasi yang dapat di terima, ada jug informasi yang tidak dapat di terima .
Biasanya dalam keadaan tertentu seseorang dapat menerima informasi dan materi yang baik dan benar, karena penyampaian yang baik saat berkomunikasi . seseorang akan mengaplikasikan kehidupannya dengan informasi yang telah di terima orang tersebut . Orang akan terpengaruh oleh informasi yang telah ia dapat . Dalam penyampaiannya juga membutuhkan etika dan budaya agar seseorang dapat menerima apa yang disampaikan dengan baik . Informasi tidak hanya di aplikasikan pada cara masyarakat berkomunikasi saja . Tetapi, juga cara kita mendapatkan berita dari berbagai sumber . Internet merupakan salah satu alat pemberi informasi tercepat, akurat, dan mudah untuk di akses di semua kalangan , selain itu internet juga sangat membantu manusia dalam berkomunikasi antar sesama manusia di berbagai belahan dunia. Kita tahu undang-undang dibuat untuk membatasi kelakuan manusia, agar tidak keluar jalur . UU-ITE misalnya, ini menunjukan bahwa etika dan budaya perlu ada dalam menerima atau penyampaian di dunia maya . Hal ini penting, karena untuk membentuk pola pikir masyarakat yang sehat dan logis .
Selain itu masing – masing dari ilmu ini, satu sama lain juga saling memiliki manfaat bagi kehidupan kita . kita butuh sistem komputer untuk penyampaian informasi dan kita juga butuh ilmu budaya untuk mengawasi serta membatasi apa yang berhak kita lakukan dengan komputer dan aplikasinya , salah satunya seperti yang di sebutkan di atas, adanya Undang – Undang ITE .

A. Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak masalah mengenai pemakaian komputer . Masalah ini banyak timbul di sebabkan karena pemakaian aplikasi komputer seperti internert yang menyimpang dari budaya bangsa , kurangnya pengawasan dari pemerintah , orang tua , serta pribadi masing – masing dan cara penyampaian yang kurang baik terhadap satu orang yang satu dengan yang lainnya . Dengan adanya tulisan yang saya buat ini, saya berusaha menjelaskan hubungan budaya dalam sistem komputer dengan bahasa yang ringan, agar mudah di pahami pembaca .

B. Perumusan Masalah
1. Apa pengertian sistem komputer
2. Apa pengertian dari ilmu budaya dasar
3. Apa hubungan antara ilmu budaya dasar dengan sistem komputer
4. Apa manfaat dari hubungan tersebut

C. Tujuan Masalah
1. Sistem Komputer terbentuk dari kata sistem dan komputer . Sistem Komputer adalah kumpulan dari hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan satu sama lain dalam menjalankan program di komputer .
2. Ilmu budaya terbentuk dari kata Ilmu dan Budaya . Pengertian budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas . Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif . Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia .
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
a. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
b. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
c. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
d. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat
istiadat, budaya daerah dan budaya nasional .
3. Banyak hubungan antara ilmu budaya dasar dengan sistem komputer . Suatu komponen budaya yang mempengaruhi adalah interpersonal trust yang terdiri dari minat pribadi, kemampuan, rasa empati, serta sikap percaya kepada sistem .

4. Manfaatnya budaya dapat mencegah atau menhindari dari kesalahan menerima informasi
maupun penyampaian informasi dengan etika dan budaya .


Landasan Teori
Sistem komputer merupakan kumpulan dari hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan satu sama lain dalam menjalankan program di komputer . Dengan kata lain hardware sebagai alatnya yang dapat membantu brainware ( user / pengguna ) untuk dapat menjalankan program yang dibuat dengan bantuan software yang terdapat pada komputer .
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang mengenai masalah-masalah budaya, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan.


Metode penelitian
• Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya gunakan adalah penelitian korelatif . Yang dimaksud dengan penelitian korelatif adalah penelitian yang menghubungkan data – data yang ada . Sesuai dengan itu, saya menghubungkan data – data yang telah saya dapat dari berbagai sumber menjadi satu kesatuan yang utuh dan saya tulis dalam tulisan ini .

• Sumber Data
Data yang saya ambil, berasal dari banyak sumber . Sumber yang paling banyak saya dapat berasal dari internet . Selebihnya saya ambil dari buku – buku yang berhubungan dengan karya ilmiah ini, dan kutipan – kutipan beberapa bacaan yang ada .

• Teknik Analisis Data
Teknik analisis yang saya lakukan yaitu, mengumpulkan data – data yang saya butuhkan dari masing – masing kedua ilmu tersebut. Setelah itu, saya hubungkan menjadi satu kesatuan yang utuh.


PEMBAHASAN

• Pengertian Sistem Komputer

Suatu sistem terdiri dari 3 komponen, yaitu :
Input proses output
Dalam sistem Input berperan sebagai suatu masukan pada keadaan tertentu, yang kemudian akan di proses menjadi suatu keluaran atau hasil untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya pada program Visual Basic yang telah di pelajari, pada sebuah project kita memasukkan kode program tertentu yang bersangkutan dengan kondisi yang di tentukan kemudian kode program tersebut akan di proses dan di jalankan kemudian dari proses tersebut hasilnya akan dapat berjalan sesuai dengan kondisi yang kita inginkan. Hasil tersebut di sebut keluaran atau output.
Secara umum pengertian komputer adalah seperangkat alat eletronik yang mengolah data - data menjadi suatu informasi bantuan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut bahasa program. Misalnya bahasa program Visual Basic, C++, Delphi, dan lain – lain. Komputer begitu penting terutama dalam menunjang kegiatan bisnis, baik bisnis umum maupun bisnis secara khusus .
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu masalah, maka kita akan merasakan manfaat yang sangat besar dalam hal : efisien waktu, biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah - masalah yang rumit yang tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik serta lebih pasti.
Dapat disimpulkan bahwa computer adalah
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja scara otomatis.

Sistem Komputer merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari hardware, software, dan brainware .
^ hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat kita lihat dan kita sentuh (terdiri dari : input / output ( I/O ), storage, monitor, casing unit, dan Central Processing Unit ( CPU ) .
Hardware terdiri dari :
- input / output (I/O) : perangkat masukan dan keluaran . Mis : keyboard,
mouse, printer, scanner, dan lain – lain .
- storage : media yang digunakan untuk menyimpan data . Mis : disket, harddisk
internal maupun eksternal, CD – Rom, CD – RW, flash disk, dan lain – lain .
- monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU) : alat untuk
menampilkan apa yang kita buat / lakukan setelah di olah oleh prosesor .
- Casing Unit : tempat dari semua peralatan komputer .
- Central Procesing Unit (CPU) : salah satu bagian komputer yang paling penting .

^ Software ( perangkat lunak ), merupakan program – program pada komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang kita tentukan . Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer . Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
o Sistem Operasi : software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi .
Mis : DOS, Unix, Linux, Novell, Windows, dll .
o Program Utility : untuk membantu atau mengisikekurangan / kelemahan dari system operasi .
Mis : Norton Utility, Scandisk, PC Tools, Tune up 1 click, dll .

o Program Aplikasi : program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu .
Mis : GL, MYOB, Payroll dll .

o Program Paket : program yang disusun untuk dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan .
Mis : Microsofr o ffice, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll .

o Bahasa Pemrograman : untuk membuat program komputer .
Mis : PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll .

^ Brainware ( user ) : orang / pihak yang terlibat langsung dalam pemakaian
komputer.
Terdiri dari : Sistem analis, programmer, operator, user, dll.

• Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti . Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu - ilmu diperoleh dari keterbatasannya.
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan di miliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan di wariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya di wariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan. Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang aslinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Pengetahuan budaya mempunyai tujuan yaitu, untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Maksud dari tujuan di atas yaitu, kita sebagai manusia harus saling mengerti dan menghormati setiap kebudayaan yang ada dan yang dijalankan oleh masing – masing masyarakat yang memiliki budayanya sendiri.
Adanya budaya sangatlah penting dalam menjalankan hidup ini dan merupakan salah satu faktor penunjang dalam berorganisasi . Karena, budaya juga bisa diartikan sebagai sikap atau etika yang pasti dimiliki oleh semua orang. Mengerti budaya, pasti mengerti juga tentang perlunya beretika sopan pada siapapun, dimanapun, kapanpun, dan apapun dalam menghadapi persoalan yang ada. Jadi, adanya budaya sangatlah membantu kita untuk membangun cara berpikir kita dalam beretika kepada setiap orang .

Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan . Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli - ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata - mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya,
sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan
yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas
pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan
yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan
Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke
dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka
lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal
yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam
berkomunikasi.
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD.

Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan


• Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Sistem Komputer
Ilmu Budaya Dasar atau yang di singkat I B D mempunyai hubungan dengan Sistem Komputer ( SK ) karena keduanya mempunyai ikatan yang mempengaruhi satu sama lainnya . apa yang kita pelajari di Sistem Komputer berkaitan dengan budaya yang ada dalam lingkungan kita . dalam sistem komputer kita mengenal banyak aplikasi, bahkan kita dpt membuat program untuk membantu komunikasi kita dengan orang lain . salah satu contohnya adalah dengan adanya internet yang di bantu aplikasi komputer . dengan internet kita dapat mendapatkan info – info terbaru, tidak hanya dari indonesia tapi juga dari seluruh dunia . selain itu kita bisa berkomunikasi jarak jauh lewat email, video call, chatting, dan jejaring sosial yang kian marak saat ini . hal tersebut tentu tidak akan ada tanpa bantuan para programmer yang membuat software tersebut , itulah manfaat dari sistem komputer yang kita pelajari . sedangkan ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari batasan – batasan atau kebiasaan yang ada di kehidupan kita . ilmu budaya mengajarkan kita tentang kebudayaan yang ada di negeri kita ini . karena dengan ilmu budaya dasar tersebut kita dapat menyaring kebudayaan – kebudayaan yang masuk seiring berkembangnyua teknologi . artinya dengan kedua ilmu tersebut kita dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa meninggalkan budaya kita sendiri .

• Manfaat Hubungan IBD dan SK
Manfaat I B D dan S K yang saling berhubungan salah satunya seperti yang telah di sebutkan di atas . sistem komputer membantu kita dalam mengikuti perkembangan teknologi , dan ilmu budaya dasar yang membantu kita menerima budaya – budaya luar
yang datang lewat teknologi . kita sama – sama mengetahui maraknya jejaring sosial yang ada saat ini, seperti facebook , twitter , yahoo messenger , my space , plurk , dan lain – lain . namun tidak sedikit kasus yang terjadi lewat jejaring sosial tersebut . ada yang menguntungkan, juga ada yang merugikan . yang menguntungkan misalnya dengan berjualan online lewat jejaring sosial karena mungkin lebih banyak dan lebih mudah mempromosikannya tentunya dengan etika yang baik dan tidak menyimpang budaya kita sendiri . sedangkan yang merugikan misalnya kita tidak bisa memberikan komentar – komentar atau omongan yang menyinggung suatu akun lainnya . itu yang menyadarkan kita kalau kita harus tetap memperhatikan kode etik budaya kita sendiri . karena wlaupun niat kita baik , pasti ada saja oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab yang mem per masalah kan apa yang seharusnya tidak di per masalah kan . jadi intinya dalam berhubungan lewat jejaring sosial kita harus tetap memperhatikan kode etik dari buadaya yang kita punya yang menjadi jati diri bangsa kita .

Penutup

Kesimpulan
Kesimpulannya adalah Ilmu Budaya berpengaruh dalam sistem Komputer . Ilmu Budaya membentuk kita dalam bertindak, bertingkah laku, dan berpikir . Suatu komponen budaya yang mempengaruhi adalah interpersonal trust yang terdiri dari minat pribadi, kemampuan, rasa empati, serta sikap percaya kepada sistem . Agar kita dapat mengoptimalkan informasi dan membuat informasi berupa program dengan baik dan benar .
Ilmu Budaya sangat penting dalam kehidupan kita, salah satunya dalam hal mengembangkan kemajuan teknologi dan komunikasi yang sangat pesat . artinya kita harus dapat mengikuti globalisasi yang terjadi ( misalnya : perkembangan internet ) namun kita juga tetap berpegang teguh dengan budaya kita sendiri dan tidak mengikuti arus budaya negatif yang ikut mengalir pada kemajuan teknologi dan komunikasi tersebut .
Di komputer terdapat sistem dan di budaya juga ada sistem .
Ilmu budaya membantu kita menemukan seluk beluk suatu hal yang sebelumnya tidak kita tahu . begitu juga tentang sistem komputer, sistem komputer yang beberapa materinya telah saya pelajari dapat membantu memudahkan pekerjaan komputer atau seseorang melalui suatu program . komponen yang membentuk sistem komputer, yaitu hardware, software, dan brainware juga mempunyai hubungan masing – masing dengan ilmu budaya . apalagi brainwarenya pasti sangat berikatan dengan ilmu budaya . karena brainware yang menguasai dan mengontrol komputer . setiap orang yang mengenal komputer seharusnya memahami batasan – batasan yang perlu di perhatikan , buakn hanya untuk di ketahui namun juga di malkan dlam kehidupan sehari – hari .
Kita ambil saja kasus yang saat ini sedang maraknya berkembang, yaitu kehidupan dunia maya . yaaaa , walupun itu internet tapi ga mungkin juga kan internet berkembang tanpa adanya komputer sebagai sarananya . . . .  komputer tuh dulu barang yang langka, karena ga setiap orang bisa punya komputer ( harganya masih mahal ) . udah gitu kalau kita liat orang yang bisa komputer kayaknya udah wahhh banget . tapi sekarang teknologi sudah berkembang banget yah , anak kecil aja udah bisa pake komputer , malah ada beberapa taman kanak – kanak yang sudah menjadikan pengenalan komputer menjadi salah satu mata pelajarannya . ( waaahhh hebat ) . hal tersebut yang mendukung semua orang bisa dengan mudah mngakses internet . et et et , , , , kita ga boleh bangga aja dengan internet , kita juga patut khawatir . kita ga bisa bohong kalau internet penting banget , tapi harusnya pemerintah dapat menyaring informasi yang ada di internet . misalnya pengawasan situs dewasa yang ga bisa di buka oleh anak di bawah umur ( video porno ) . kejahatan jejaring sosial ( penipuan lewat email , dsb ) .

Syukur deh sekarang Undang – Undang ITE ada , semoga saja itu bisa membantu kita semua untuk penggunaan internet .
Maaf ya kalau ada kalimat – kalimat yang kurang b erkenan , tulisan ini semata – mata hanya untuk tugas dan iseng – iseng .

Terima kasih , , ,
Referensi : http://massofa.wordpress.com . http://wikipedia.com . http://indobudaya.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar