Rabu, 16 Maret 2011

Tugas IBD bab 1

Tugas IBD Part 1 :

ASCENT OF MAN
Part 1- LOWER THAN ANGELS

Manusia telah hidup di bumi sejak 4 juta tahun yang lalu . banyak ilmuwan yang mempercayai , kehidupan manusia berawal dari terpisahnya sebuah spesies hominid dari garis evolusi primata yang akan menurunkan simpanse , kera dan gorila . Kemudian , hominid ini berkembang dan menurunkan manusia modern , atau yang biasa di sebut Homo sapiens . pernyataan ini di pengaruhi oleh teori evolusi yang di kemukakan oleh Charles Darwin yang dapat dijabarkan sebagai berikut . Teori evolusi adalah suatu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada masa lampau , beradaptasi dan mengalami perubahan bentuk bagian-bagian tubuhnya . misalnya yang terjadi pada bentuk paruh burung dan bentuk tubuh hewan yang mengalami banyak perkembangan .
biasanya , proses ini terjadi dalam waktu yang sangat lama . Proses ini disebut evolusi ( perubahan yang terjadi pada makhluk hidup karena di pengaruhi oleh faktor – faktor lingkungan atau alam ) .
Di sebutkan di teori tsb mengenai manusia berasal dari keturunan Hominiid, yang arti nya makhluk hidup yang memiliki ciri - ciri di antara manusia dan kera. Fosil hominid tertua yang pernah di temukan adalah Australopithecus africanus ( pada buku Jacob Bronowski , sedikit menyinggung tentang fosil ini yang mana terdapat fosil - fosil kuno yg di temukan dan Ia juga di lihat di daerah Spanyol dengan di temukannya beberapa lukisan di dalam gua . Ini mencakup beberapa seni grafis komputer , gaya 1973an.
Lalu pada 2 juta tahun lalu muncul lah Homo habilis , spesies ini di perkirakan merupakan keturunan dari Australopithecus africanus . Kemudian , mereka di gantikan oleh Homo Erectus .
Kemudian , Homo erctus menurunkan Homo Neanderthalensis . Homo Neanderthalensis hidup di gua - gua dan telah bisa mengubur orang mati . Di beberapa wilayah , mereka mampu bertahan sampai 40.000 tahun yang lalu . Akan tetapi , mereka punah daan di gantikan Homo sapiens , manusia modern . yang sudah berkembang dari manusia-manusia purba sebelumnya . manusia purba jenis ini sudah mempunyai kelebihan seperti yang di miliki manusia pada jaman sekarang , misalnya pada bentuk tengkorak , volume otak ( yang paling besar di antara manusia purba lainnya ) , dan cara beriri yang sudah tegak .
Dan itu lah beberapa penjelasan dari teori tentang sejarah kehidupan manusia . Tapi hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang telah tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an . Di dalam Al-Qur’an tertulis bahwa manusia telah di ciptakan dengan bentuk yang sempurna tanpa ada kekurangan sedikit pun . tetapi saya tidak bisa menjelaskan secara detail .
Setelah itu saya mulai memahami , bahwa Manusia di ciptakan Allah S W T dengan derajat yang paling tinggi , dan juga manusia adalah Makhluk Allah yang paling sempurn , karena mempunyai akal , pikiran , dan juga hawa nafsu yang tidak dimililki makhluk hidup lainnya baik hewan maupun tumbuhan .
Lalu ada juga hubungan dari film wall-e terhadap video berseri ascent of man “ lower than angels “ . Pertama kita melihat bahwa video lowers than angels itu menceritakan tentang proto type bumi 400 ribu tahun yang lalu . Perubahan masa evolusi manusia hingga jaman sekarang . Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ber kempbang pesat pada peradaban manusia
menjadi inti utama dari permasalahan ini . Yang jadi masalahnya bukan karena perkembangan iptek - nya tapi karena sikap manusia yang terlalu serakah dan
tidak peduli terhadap keadaan bumi sehingga keadaan bumi semakin memburuk abad demi – abad yang di sebabkan karena faktor alam dan ulah tangan manusia sendiri .
Pada film wall - e di per kira kan bahwa pada tahun 2011 Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk di huni oleh manusia , misalnya saja yang terjadi saat ini , yaitu masalah yang paling di rasakan oleh makhluk hidup adalah global warming atau yang di sebut pemanasan global , ini terjadi karena banyaknya kandungan co2 yang ada di bumi yang di hasilkan oleh polutan – polutan seperti asap pabrik , kendaraan , pembakaran sampah , dan masih banyak contoh lainnya . apalagi kurangnya kesadaran manusian juga mendukung hal tersebut ,. Contohnya manusia masih saja menebang hutan , padahal hutan nmerupakan salah satu penolong kita yang dapat menjadi paru – paru untuk kita bernafas karena hutan menghasilkan oksigen . Hal itu pantas jadi hal yang sangat mencemaskan bagi kelangsungan hidup manusia . Karena manusia tidak mungkin hidup tanpa adanya bumi . Bumi adalah tempat hidup kita satu – satunya . Bumi di ciptakan oleh tuhan yang maha esa untuk menjadi tempat hidup manusia . Rumah kita semua . Keserakahan dan keangkuhan manusialah yang membuat semua menjadi seperti yang di perkirakan dalam film wall-e . maka dari itu fil ascent of man mengingatkan kita dalam evolusinya bumi 400 ribu tahun yang lalu . Bumi begitu asri dan berjalan sesuai dengan hukum alam yang ada . Semuanya berjalan sesuai kehendakny a . Tak ada yang namanya perusakan ataupun kehancuran yang mengganggu keseimbangan bumi . Keseimbangan bumi sangat penting bagi kehidupan manusia juga . Slayaknya timbangan yang seimbang akan menunjukan keadilan yang nyata kepada setiap orang yang melihatnya .
Teringatnya kita akan gambaran bumi 400 ribu tahun yang lalu akan
menggugah semangat kita untuk menjadikan bumi ini lebih baik dari sebelumnya . Bahkkan menyamai keasrian 400 ribu tahun yang lalu.robot yang tercipta dalam film wall-e menyadarkan kita akan arti pentingnya usaha kita sendiri yang tidak terlalu dimanjakan oleh iptek . Karena sekali pun iptek membawa peradaban manusia menjadi lebih maju , tapi iptek pun mempunyai kelemahan yang bisa membawa kerugian kepada manusia yang ada .
Betapa indahnya kesatuan antara alam dan manusia . Keduanya bisa bekerja
sama untuk kelangsungan hidup masing – masing . gunung yang menjulang tinggi , langit yang terlukis indah , sungai yang mengalir ke beberapa arah , lautan luas yang menjadi pembatas daratan alami . Itu semua adalah gambaran dari sebuah bumi . Yang sewaktu - waktu dapat berevolusi .

Jacob Brownowski dalam bukunya yang berjudul Ascent of Man menjelaskan bahwa manusia lebih rendah dari malaikat yang tertera pada bab 1 . Bab pertama ini menjelaskan tentang evolusi manusia pada tahun 400.000 SM.
Setiap spesies telah diadaptasi agar sesuai ke ceruk ekologis tertentu, mereka telah berevolusi untuk lingkungan tertentu . Manusia , meskipun relatif lemah atribut fisik telah mampu membentuk dunia dengan hadiah unik . Bronowski believes that it was not so much biological evolution , but cultural evolution that has made man what he is today ( Bronowski percaya bahwa hal itu tidak begitu banyak evolusi biologis , tapi evolusi budaya yang telah menciptakan manusia apa yang hari ini ) .
Menelusuri evolusi dari manusia pemburu mereka berkumpul untuk fase yang sekarang, perubahan dalam diet dari tanaman bahan berbasis hewan manusia memberikan lebih banyak waktu bebas untuk menghabiskan membangun kemampuan untuk mendapatkan makanan dari sumber yang tidak dapat ditangani oleh kasar kekuatan . The most marked effect of this was to foster group action and communication . Efek yang paling ditandai ini adalah untuk mendorong tindakan kelompok dan komunikasi . The next single largest step in the ascent of man was the change from a nomadic way of life to village agriculture , made possible by a set of natural and human events .
Dalam era tersebut proto kera sudah mulai berkomunikasi dengan bahasa mereka . Mereka masih menetap di sebuah tempat . Mereka belum memulai untuk berpindah tempat . Alat yang digunakan mereka adalah tangan mereka sendiri , karena mereka belum mengenal alat - alat yang lebih modern . Setelah beberapa lama dan melalui proses yang panjang , akhirnya mereka menemukan sebuah alat yaitu yang terbuat dari batu . Latar belakang mereka dapat menemukan alat tersebut adalah bahwa mereka berfikir bagaimana cara yang lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu . Karena mereka mulai lelah akibat tidak ada alat bantu yang mempermudahkan mereka.

Manusia Dan Kebudayaan
Manusia dan Kebudayaan pada IBD memiliki beberapa persamaan dengan Bab I buku Ascent of Man yaitu Lower the Angel dimana keduanya sama-sama menerangkan tentang kebudayaan manusia . Pada Manusia dan Kebudayaan menerangkan tentang teori Hakekat Manusia , Kepribadian Manusia , Unsur-unsur manusian dan Kebudayan manusia itu sendiri Sedangkan pada Lower the Angel menerangkan tentang evolusi manusia pada tahun 40 . 000 SM berdasarkan teori dan objek - objek yang telah ditemukan .
Dipandang dari segi ilmu eksakta , manusia adalah kumpulan dari partikel - partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ) . Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ) . Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi ) . Dalam ilmu - ilmu sosial , manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ) . Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ) , mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan ( politik ) . manusia sebagai makhluk sosial yang artinya selalu ingin ber sosialisasi dengan sesamanya . tanpa orang lain manusia tidak akan bisa hidup memenuhi kebutuhan hidupnya .

1. Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait , yaitu :
a . Jasad ; yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya , dapat diraba , dan
Di foto , dan menempati ruang dan waktu . . . . . . . .
b . Hayat ; yaitu mengandung unsure hidup , yang di tandai dengan gerak
c . Ruh ; yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan , daya yang bekerja secara spiritual dan
memahami kebenaran , suatu kemampuan mencipta yang bersift konseptual yang
menjadi pusat lahirnya kebudayaan .
d . Nafs ; dalam pengertian diri atau keakuan , yaitu kesadaran tentang diri sendiri


2 . Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :
a . Id . Yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak . Id merupakan libido murni , atau energi psikis yang menunjukkan cirri alami yang irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
b. Ego. Merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubgunkan energi Id ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
c. Superego. Merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia limat tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.
Dari uraian diatas dapat mengkaji aspek tindakan manusia dengan analisa hubungan antara tindakan dan unsure-unsur manusia. Seringkali misalnya orang senang terhadap penyimpangan terhadap nilai-nilai masyarakat dapat diidentifikasi bahwa orang tersebut lebih dikendalikan oleh Id dibandingkan super-egonya. Atau seringkali aa kelainan yang terjadi pada manusia, misalnya orang yang berparas buruk dan bertubuh pendek berani tampil ke muka umum, dpat diterangkan dengan mengacu pada unsur nafs (kesadaran diri ) yang dimilikinya. Kesemuanya tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.

Hakekat Manusia :
1. Mahluk ciptaan Tuhan yagn terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya
3. mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yagn budayawi
4. Mahluk Ciptaan Tuhan yagn terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA
Evolusi manusia atau Anthripogenesis, merupakan bagian dari evolusi biologi mengenai munculnya Homo Sapiens, secara umum penemuan fosil manusia dari zaman ke zaman terbagi atas 3 kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba, dan manusia modern.
• AUSTRALOPHITECUS (Jenis Australophitesin)
1. Australophitecus africanus
Ditemukan di desa taung di sekitar bechunaland oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak saja. Australopitecus africanus merupakan spesies hominid awal yang hidup sekitar 2-3 juta tahun yang lalu pada era pliosen. Merupakan jenis pemakan daging, dan telah dapat menggunakan perkakas dengan ditemukan batu dengan bentuk khusus yang menunjukkan bahwa batu tersebut ubtuk berburu dan untuk melawan musuhnya. Sisa fosil menunjukkan A. africanus lebih mirip manusia modern A.afarensis. A.africanus ditemukandi empat situs di Afrika Selatan- Taung (1924), Sterkfontein (1935), Maka Pansgat (1948) dan Gladysvale (1992).
2. Australophitecus anamensis
Adalah spesies dari Australophitecus. Fosil pertama spesies ini, meskipun tidak dikenali pada saat itu, namun ditemukan satu tulang langan di wilayah Kanapoy di Danau Turkana timur oleh tim Penelitian di Universitas Harvard tahun 1965
3. Australophitecus afarensis “Lucy”
Adalah seekor hominid punah yang hidup sekitar 3,9 dan 2,9 juta tahun yang lalu. Tidak jauh berbeda dangan A.africanus. A.afarensis memiliki tubuh yang ramping. Para ilmuwan mempercayai bahwa A.afarensis adalah nenek moyang dari Homo, yang juga nenek moyang dari manusia modern. Diperkirakan hidup zaman pliosen. Wilayah yang terkenal sebagai tempat fosil ini adalah Hadar Ethiopia. Di sanalah fosil “Lucy” seekor A.afarensis betina ditemukan. Tempat lain dimana fosil A.afarensis ditemukan adalah Omo, Maka, Fejej, dan Belohdelie di Ethiopia dan Koobi For a serta Lothagam di Kenya.
4. Australophitecus bahrelghazali
Adalah fosil hominin yang pertama kali ditemukan pada tahun 1993 oleh paleontology Michel Brunet, di lembah Bahr El ghazal dekat Koro Toro, Chad. Spesies ini diduga hidup 3,6 juta tahun yang lalu.
5. Australophitecus garhi
Adalah spesies gracile australophitecine yang fosilnya ditemukan pada tahun 1996 oleh Tim Penelitian yang dipimpin oleh paleontology Ethiopia, Berhane Asfaw dan Tim White, seorang paleontology Amerika.
• PARANTHROPUS
6. Paranthropus aethopicus
Adalah spesies hominid yang telah punah. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1985 di Turkana Barat, Kenva. Fosil tersebut adalah KNM WT 17000 dan berusia hingga 2,5 juta tahun lalu. Fosil ini diperkirakan hidup pada zaman Pliosen
7. Paranthropus boisei
Awalnya disebut Zinjanthropus boisei dan kemudian di ubah menjadi Australophitecus boisei, adalah hominin awal dan di deskripsikan sebagai spesies Paranthropus terbesar. Spesies ini hidup sekitar 2,6 hingga 1,2 juta tahun yang lalu selama Pliosen dan Pleistosen di Afrika Timur. Volume otak berkisar antara 400-500 cc, ciri kekeraan selain dilihat dari volume otaknya juga dari dahi yang rendah, tulang kening yang menonjol, rahang massif dan geligi kekeraan. Kepala menggantung karena foramen magnum berada di belakang.
8. Paranthropus robustus dan Paranthropus transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Afrika Selatan dengan cirri isi volule otak sekitar 600 cm Kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan ± 1,5 meter. Kedua fosil manusia kera tersebut disebut Australophitecus. Merupakan spesies homonin dan ditemukan oleh Robert Broom tahun 1938. Diperkirakan hidup pada zaman Pliocene hingga Pleistocene.
• ARDIPITHECUS
9. Ardiphitecus kadabba
Adalah senus hominin yang hidup sekitar 4,4 juta tahun yang lalu, selama zaman pliosen. Merupakan kerangka manusia yang paling tua ditemukan. Kerangka manusia purba jenis kelamin perempuan ditemukan di Ethiopia tahun 1994. Ukuran otaknya ditafsirkan sama dengan volume otak yang dimiliki simpanse, namus spesies ardi ini mempunyai lebih banyak kesamaan dengan manusia, misalnya kemampuan berdiri dengan tegak menggunakan dua kaki
10. Ardiphitecus ramidus
Merupakan spesies primate yang hidup kira-kira 4,4 juta than yang lalu di sebuah wilayah yang saat ini disebut aramis di Ethiopia, Ardy 100 tahun lebih tua dibandingkan dengan Lucy, yaitu kerangka primate tua yang lainnya ditemukan di Afrika tahun 1974. A.ramidus mempunyai tinggi 4 kaki (± 1,2 meter) serta 125 potongan rangka yang telah termasuk tengkorak kepala, gigi, tulang panggul, tangan serta tulang kaki. Hasil penganalisaan kerangka diperkirakan bobot Ardi ± 110 pounds atau ± 49 kilogram, mempunyai tangan serta jari-jari yang panjang dan memiliki gigi yang besar yang dipergunakan dalam membantunya meraih dahan pada saat ia berpindah dari pohon ke pohon.
• SAHELANTHROPUS
11. Sahelanthropus tchadensis
Fosil kera yang hidup sekitar 7 juta tahun yang lalu, spesies ini terkadang di klaim sebagai nenek moyang tertua genus homo (manusia) yang pernah diketahui. S.Tchandensis ini diperkirakan hidup zaman Miosen akhir.
• ORRORIN
12. Orrorin tugenensis
O.tugenensis dianggap sebagai nenek moyang hominin tertua kedua yang pernah diketahui dan kemungkinan berhubungan dengan manusia modern. Namanya berasal dari penemunya yang menemukan fosil di bukit Tugen, Kenya. Fosil spesies ini berusia 6,1 hingga 5,8 juta tahun yang lalu dan diperkirakan hidup zaman modern.
• MEGANTHROPUS
13. Meganthropus paleojavanicus
Adalah manusia purba tertua di jawa. Fosilnya ditemukan oleh G.H.R Von Koenigswald pada tahun 1936 dan 1941 di Sangiran (Surakarta), yaitu rahang bawah dan atas. Hal serupa juga ditemukan dengan Marks tahun 1952 berupa rahang bawah. Cirri-ciri tubuhnya kekar, rahang dan gerahamnya besar, serta tidak berdagu sehingga menyerupai kera. M.paleojavanicus hidup 2jt-1jt tahun yang lalu. Cirri lainnya memiliki tulang pipi yang tebal, bertubuh tegak dan memiliki tonjolan kening yang menonjol.
• HOMO
14. Homo habilis
H.habilis (manusia yang menggunakan tangan) adalah spesies Homo yang hidup sekitar 2,5 juta sampai 1,8 juta tahun yang lalu pada masa awal Pleistocene. Defenisi untuk spesies ini pertama kali di ungkapkan oleh Mary dan Louis Leakey, yang menemukan fosil spesies ini di Tanzania, Afrika Timur, antara tahun 1962 dan 1964. Homo habilis diperkirakan merupakan spesies dari genus Homo yang pertama kali muncul di bumi. H.habilis selain dpat menggunakanperkakas, ia juga dapat membuat alat. Ciri fisiknya mempunyai tulang kening yang tidak menjorok, kapasitas otak ± 800 cc, dan dikenal sebagai pemakan daging. Penampilan dan morfologi H.habilis memiliki berbagai kemiripan dengan semua manusia paling modern di genus homo (kecuali mungkin Homo rudolfensis).H.habilis memiliki tubuh yang pendek dengan lengan yang lebih panjang dari manusia modern. Diperkirakan spesies ini adalah keturunan dari hominid australophitesin. H.habilis memiliki cranial capacity kurang dari setengah kapasitas manusia modern. Meskipun masih memiliki bentuk seperti kera, H.habilis diperkirakan telah mampu menggunakan peralatan batu di sekitar fosil mereka, misalnya peralatan yang ditemukan di Olduvai gorge, Tanzania, dan danau Turkana Kenya. H.habilis diduga adalah nenek moang dari H.ergaster, yang kemudian menurunkan spesies lain yang memiliki bentuk tubuh seperti manusia, H.erctus.
15. Homo rudofensis
Adalah fosil spesies hominin yang diteukan oleh Bernard Ngeneo, anggota tim yang dipimpin oleh antropolog Richard Leakey dan Zoolog Meave Leakey tahun 1972 di Koobi For a pada bagian timur danau Rudolf (kini danau Turkana) di Kenya. Nama ilmiah Hrudolfensis diusulkan pada tahun 1986 oleh V.P Alexeev untuk specimen skull 1470 (KNM ER 1470). Skull 1470 berusia sekitar 1,9 juta tahun. Diperkirakan hidup pada zaman Pliocene.
16. Homo ergaster
Adalah spesies hominin yang telah punah yang hidup di afrika timur dan selatan antara 1,9 hingga 1,4 juta tahun yang lalu pada era Pleistocene dan pendinginan iklim global.
17. Homo georgicus
Adalah spesies hominin yang ditemukan di Dmanisi, Georgia tahun 1999 dan 2001 yang diduga menjadi perantara antara H.habilis dan H.erectus. fosil ini berusia 1,8 juta tahun lalu dan diperkirakan hidup zaman Pleistocene.
18. Homo erectus
H.erectus (manusia yang berdiri tegak) adlah spesies yang telah punah dari genus Homo. H.erectus telah dapat membuat alat untuk berburu, yang kualitasnya lebih baik daripada yang dibuat H.habilis. bahkan jenis ini telah mengenala api. Volume otaknya antara 700-900 cc. Pakar anatomi Belanda Eugene Dubois (1980an) pertama kali menggambarnkannya sebagai sebagai Pithecanthropus erectus berdasarkan fosil tempurung kepala dan tulang paha yang ditemukan di Trinil, jawa tengah. Pada awal abad itu, setelah ditemukannya fosil di Jawa dan Zhoukoudian, para ilmuwan mempercayai bahwa manusia modern berevolusi di Asia. Hal ini bertentangan dengan teori Charles Darwin yang mengatakan baha manusia modern berasal dari Afrika, namun pada 1950-an dan 1970-an beberapa fosil yang ditemukan di Kenya, Afrika Timur, ternyata menunjukkan bahwa hominis memang berasal dari benua Afrika. Sampai saat ini para ilmuwan mempercayai bahwa H.erectus adalah keturunan dari makhluk mirip manusia era awal seperi Australophitecus dan keturunan spesies Homo awal seperti H.habilis.
H.erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi selama masa Pleistocene awal sekitar 2,0 juta tahun yang lalu, dan terus menyebar ke seluruh dunia lama hingga mencapai Asia Tenggara.
Tulang-tulang yang diperkirakan berumur 1,8 dan 1,0 juta tahun yang lalu yang telah ditemukan di Afrika (Danau Turkana, dan Oduvai Gorge), Eropa (Georgia), Indonesia (Sangiran, Trinil, Sambung Macan dan Ngandong; semuanya di tepi Bengawan Solo, dan Tiongkok (Shanxi). H.erectus menjadi hominin terpenting mengingat bahwa spesies inilah yang pertama kali meninggalkan benua Afrika.
19. Homo cepranensis
H.cepranensis adalah nama yang diusulkan untuk spesies hominin yang ditemukan pada tahun 1994. Fosilnya ditemukan oleh arkeolog Italo Biddita dan dijuliki “Manusia Ceprano” berasal dari kota terdekat di provinsi Frosinone 89 kilometer sebelah tenggara Roma, Italia.
20. Homo antecessor
Adalah spesies hominin yang telah punah. Spesies ini di duga hidup 1,2 juta hingga 800.000 tahun yang lalu. Fosil spesies ini pertama kali ditemukan oleh Eudald Carbonell, J.L Arsuaga dan J.M Bermudez de Castro. Diperkirakan hidup pada zaman Pleistocene Awal.
21. Homo heidelbergensis
Adalah spesies pada genus homo yang telah punah yang mungkin merupakan nenek moyang langsung H.neanderthalensis di Eropa. Bukti yang ditemukan mengenai H. heidelbergensis berusia 600.000 hingga 400.000 tahun yang lalu. Diperkirakan hidup pada zaman Pleistocene.
22. Homo rhodesiensis
Adalah spesies hominin yang di deskripsikan dari fosil manusia Rhodesian. Sisa fosil mereka berusia 300.000 hingga 125.000 tahun yang lalu pada zaman Pleistocene. Fosil spesies ini ditemukan pertama kali pada tahun 1921 oleh Tom Zwiglaar di Rhodensia utara (kini Kabwe,Zambia)
23. Homo neanderthalensis
Neanderthal adalah anggota genus homo yang telah punah dan berasal dari zamanPleistocene. Spesimennya ditemukan di Eropa dan Asia barat dan Tengah. Neanderthal dapat diklasifikasikan sebagai subspecies manusia (Homo sapiens neanderthalensis) atau spesies yang berbeda (homo Neanderthalensis). Jejak pertama Proto-Neanderthal pertama muncul di Eropa 600.000-350.000 tahun yang lalu.
24. Homo sapiens idaltu
Adalah subspecies Homo sapiens yang telah punah. Spesies ini hidup 160.000 tahun yang lalu pad zaman Pleistocenen di Afrika. Idaltu adlah kata dalam bahasa Afar. Fosil Homo sapiens idaltu ditemukan di segitiga afar tahun 1997 oleh Tim White.
25. Homo floresiensis
H,floresiensis (manusia Flores, dijuluki Hobbit) adalah nama yang diberikan kelompok peneliti untuk spesies dari genus homo, yang memiliki tubuh dan volume otak kecil, berdasarkan serial subfosil (sisa-sisa tubuh yang belum sepenuhnya mebatu) dari 9 individu yang ditemukan di Liang Bua, pulau Flores pada tahun 2001. Kesembilan sisa –sasa tulang itu diberi kode (LB1-LB9) menunjukan postur paling tinggi sepinggang manusia modern (sekitar 100 cm). Para pakar antropologi dan Tim gabungan Australia dan Indonesia berargumen menggunakan berbagai cirri-ciri baik ukuran tengkorak, ukuran tulang, kondisi kerangka yang tidak memfosil, serta temuan-temuan sisa tulang hewan dan alat-alat sekitarnya. Usia seri kerangka ini diperkirakan berasal dari 94.000 hingga 13.000 tahun yang lalu.
26. Homo sapiens (Cro Magnon)
Merupakan Homo sapiens tertua dari jenis sapiens. Hidup di zaman Pleistocene. Ditemukan di Gua Cro-Magnon, Lascaux Perancis.
27. Homo sapiens sapiens
Adalah manusia modern yang ditemukan hidup hingga saat ini
• KENYANTHROPUS
28. Kenyanthropus platyops
K.platyops adalah spesies homonin berusia 3,5 hingga 3,2 juta tahun yang lalu dan telah punah. Fosil seperti ini pertama kali ditemukan di Danau Turkana pada tahun 1999 oleh Justus Erus, yang merupakan bagian dari Tim Meave Leakey. Diperkirakan hidup pada zaman Pliosen.
• SINANTHROPUS
29. Sinanthropus pekinensis
Adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua Naga daerah Peking Negara China oleh Davidson Black dan Franz weidenreich. Tubuhya memiliki cirri mirip Pithecanthropus karena berada pada zaman yang sama. S.pekinensis memiliki volume isi otak ± 900-1200 cm kubik
Kita sebagai manusia patut bersyukur karena merupakan makhluk tuhan yang paling sempurna yang di limpahkan akal , budi dan pikiran yang tidak di miliki makhluk lainnya . dan kita sebagai manusia seharusnya dapat menyadari bahwa tuhan menciptakan alam untuk tempat tinggal kita yang akan kita huni selama kita hidup , dan kita di wajibkan untuk mmeliharanya sebaik mungkin . karena apa yang kita lakukan itu lah yang akan kita rasakan . misalnya jika kita menjaga bumi kita dengan baik , kita akan merasakan dampak yang baik juga . tanpa adanya pencemaran , penebangan hutan liar , perusakan sumber daya alam yang ada . apalagi manusia akan terus bergantung kepada alam . sandangh , pangan , papan . di peroleh dari alam . oleh karena itu mulailah dengan dini perlindungan yang kita lakukan terhadap bumi kita . yang tidak hanya memakai saja tapi juga mem budi daya kan .

Manusia hidup di bumi sebagai makhluk sosial , yang hidup bergantung dengan orang lain , artinya manusia pasti membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya . di antara manusia ada saling keterkaitan .
Perkembangan manusia dari awal sampai sekarang merupakan proses evolusi . sampai saat ini kita tidak mengetahui yang mana yang benar dan yang salah , karena banyak pendapat para ahli yang tentu berbeda – beda dalam menyatakan pendapatnya . sperti teori darwin yang pernah menyatakan bahwa kita terlahir dari seekor monyet / monyet adalah nenek moyang kita . mungkin hal tersebut tidak masuk akal namun kita tidak mengeathui fakta sebenarnya . pada kita suci al – qur’an di jelaskan bahwa manusi terbentuk dari segumpal darah yang tumbuh menjadi segumpal daging dan kemudian tulang belulang lalu di berikan organ – organnya . setelah itu baru di berikan ruh / nyawa untuk hidup .
Itulah secara singktnya , penjelasan lebih detailnya dpat di lihat di al – qur’an .

Terima kasih .





Referensi :
http://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT#
http://www.lintasberita.com/Entertainment/Sains/sejarah-perkembangan-manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar