Manajemen Kualitas Proyek adalah proses yang dilakukan,
untuk menjamin proyek dapat memenuhi kebutuhan yang telah
disepakati, melalui aturan-aturan mengenai kualitas, prosedur ataupun guidelines
Tahapan Manajemen Kualitas
• Perencanaan Kualitas
identifikasi standar kualitas yang
relevan dengan proyek, dan menentukan cara memenuhi standar kualitas tsb
• Penjaminan Kualitas
Menjalankan apa yang sudah
direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses
yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan
• Pengendalian Kualitas
Memonitor hasil-hasil proyek yang
spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang
sudah disepakati dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas secara
menyeluruh
Perencanaan Kualitas
• Perlu merancang kualitas dan
mengkomunikasikan faktor-faktor yang berkontribusi langsung untuk memenuhi
permintaan pelanggan
• Desain eksperimen dapat
mengidentifikasi variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap
keluaran proses
• Beberapa aspek proyek IT yang
mempengaruhi kualitas:
fungsionalitas,
fitur-fitur, keluaran sistem, performansi, reliabilitas, dan maintainabilitas
Ouput Proses Perencanaan Kualitas
• Quality Management Plan
Dapat didokumentasikan secara formal
maupun informal,namun harus dapat menjadi tuntunan agar proses maupun produk proyek menjadi
berkualitas (apapun standar yang digunakan)
• Quality Metrics
Digunakan saat proses penjaminan
kualitas (QA) dan pengendalian kualitas (QC)
Contoh : reliability,failure rate,
availibility,dsb
• Quality Checklist
Daftar hal-hal yang harus dilakukan
dalam rangka memenuhi kualitas proyek
• Process Improvement Plan, Quality Baseline,
Project Management Plan (update)
Penjaminan Kualitas
• Proses ini dilakukan dalam rangka
menjamin peningkatan yang terus menerus dari berbagai aspek, sehingga
penggunaan sumber daya proyek dapat seefektif dan seefisien mungkin.
• Proses ini berlangsung secara iteratif,
dengan cara membuang semua aktivitas yang tidak memberi nilai tambah
• Tujuannya agar proses berjalannya
aktivitas, merupakan aktivitas yang berkualitas
sumber : http://apk.blog.ittelkom.ac.id/blog/files/2011/02/MPTI8.-Quality-Mgmt.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar